Jumat, 19 November 2010

Tugas Pengantar Bisnis minggu ke -2

1. JELASKAN BAGAIMANA CARA MENDIRIKAN (BERIKAN LANGKAHNYA)  UKM   
    DENGAN MEMPERHATIKAN FAKTOR PRODUKSI 
  • Harus ada modal yang cukup
  • Mempunyai tenaga kerja
  • Mempunyai ide metode
  •  Melihat peluang masyarakat  
2. BERILAH MASING – MASING SEBANYAK 5 CONTOH RIIL PERUSAHAAN     BERDASARKAN LETAK/TEMPAT

1. Letak Perusahaan yang Terikat Pada Alam
Letak perusahaan ini sangat ditentukan oleh sumber-sumber alam, jadi tidak dapat ditentukan oleh manusia; misalkan, usaha pertanian dan pertambangan.

2. Letak Perusahaan Berdasarkan Sejarah
Letak perusahaan ini hanya dapat dijelaskan dengan adanya sejarah di lokasi itu. Misalkan kerjainan batik di daerah Surakarta dan Yogyakarta, hal ini disebabkan dulu seni membatik ini dimulai dari para wanita dalam Kraton di kedua kota itu.

3. Letak Perusahaan yang Ditetapkan oleh Pemerintah
Dalam hal ini pemerintahlah yang menentukan dimana perusahaan harus menjalankan aktivitasnya. Hal ini agar masyarakat di sekitar lokasi itu tidak merasa terganggu karena adanya perusahaan tersebut. Misalnya, pabrik senjata/amunisi, peternakan babi, dan pabrik obat-obatan.

4. Letak Perusahaan yang Dipengaruhi oleh Faktor-faktor Ekonomi
Jenis perusahaan ini bersifat industri. Di sini ada bebarapa faktor yang perlu diperhatikan dalam menentukan letak perusahaan :
a. Dekat dengan bahan baku
Contoh : pabrik gula, pabrik semen.
b. Dekat dengan pasar
Di sini perusahaan sedekat mungkin dengan pasar atau konsumen.
Contoh : pabrik roti (Bakery), rumah makan dan juga perusahaan jasa seperti Bank/Asuransi.
c. Dekat dengan pemasuk tenaga kerja
Bagi perusahaan yang banyak membutuhkan tenaga kerja bukan ahli, cenderung memperhatikan agar dekat dengan tenaga kerja tersebut.
Contoh : pabrik rokok, pabrik kembang gula.
d. Dekat dengan penyedia sumber tenaga/energi
Contoh : pabrik peleburan bijih besi, aluminium dan baja.
e. I k l i m
Suatu perusahaan seringkali membutuhkan adanya iklim dan pengaturan suhu udara yang tertentu.
Contoh : pabrik the, pemintalan kapas, industri jamur.
f. Ongkos Transport
Misalkan pabrik mobil, sangat membutuhkan lancarnya transportasi. Apabila jalan-jalan yang akan dilalui produk perusahaan ke konsumen sudah baik, maka diharapkan ongkos transportnya juga akan menjadi rendah.
g. Besarnya suplai modal
Perusahaan yang membutuhkan modal untuk mengembangkan usahanya, cenderung akan memilih tempat dimana penananman modal cukup besar disertai tingkat bunga yang cukup rendah.

5 Letak perusahaan berdasakan Hubungan Internasional

3.) SEBUTKAN DAN JELASKAN DENGAN SINGKAT APA YG MENJADI TUJUAN 
     PERUSAHAAN

Tujuan perusahaan adalah aturan keputusan yang memungkinkan manajemen untuk mengarahkan atau memedomani dan mengukur prestasi kearah tujuan.
Tujuan dapat pula didefinisikan sebagai suatu pengukur proses pengubahan sumber.

Suatu tujuan berisikan 3 elemen penting :
• Atribut tertentu yang di pilih sebagai suatu pengukur efesiensi
• Ukuran atau skala dengan mana atribut itu di ukur.
• Sasaran (goal) yaitu nilai tertentu pada skala yang ingin dicari untuk dicapai oleh perusahaan

4. JELASKAN APA YG DIMAKSUD LINGKUNGAN INTERNAL  DAN EKSTERNAL SUATU   
    PERUSAHAN

Lingkungan eksternal:
• Memiliki dua variabel yakni peluang (opportunity) dan acaman (threats),
• Terdiri dari dua bagian yaitu lingkungan tugas dan lingkungan umum.
 Lingkungan internal:
• Memiliki dua variabel yakni kekuatan (strength)dan kelemahan (weakness), 
• Mencakup semua unsur bisnis yang ada di dalam perusahaan seperti struktur organisasi perusahaan, budaya perusahaan dan sumber daya

5. Aplikasikan setiap variabel lingkungan internal dan eksternal bagaimana pengaruhya bagi   
    perusahaan ?
a. Ekologi    : pencemaran udara,air,sampah    
b. Ekonomi  : urbanisasi,pertambahan,penduduk,pajak
c. Sosial       : kriminalitas,pengangguran   
d. Politik     : pertahanan keamanan
6. Jelaskan perbedaan producer oriented approach dan consumer oriented approach ?
a. producer oriented approach adalah dalam penjualan pasar produsen sebagai pengendali utamanya (orientasi produsen)
b. consumer oriented approach adalah dalam pembelian pasar konsumen sebagai pengendali utamanya (orientasi konsumen)
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar